Powered By Blogger

Jumat, 11 Februari 2011

tugas lawas

Nama :Tangguh Hestu Wibawa

NIM :082114001

Jurusan : Pendidikan Bahasa Daerah



PEMETAAN MATERI BAHASA JAWA

BERDASARKAN STANDAR ISI KTSP SMP/M.Ts. JAWA TIMUR

MUATAN LOKAL WAJIB BAHASA DAERAH (JAWA)

KELAS IX

UNIT

MENDENGARKAN

BERBICARA

MEMBACA

MENULIS

Kompetensi Dasar

Materi

Kompetensi Dasar

Materi

Kompetensi Dasar

Materi

Kompetensi Dasar

Materi

I

Menemukan gagasan pokok wacana yang diperdengarkan

Wacana tentang Lingkungan Hidup

Menceritakan kembali isi wacana dengan kalimat sendiri

Wacana tentang Lingkungan Hidup

Membaca geguritan dengan ekspresif

Antologi geguritan

Menulis menggunakan aksara Murda

Aksara Murda

II

Menemukan hal penting dalam pidato yang didengarkannya

Teks wacana pidato

Berpidato di depan kelas dengan artikulasi dan ekspresi yang baik

Teks pidato tentang kesehatan

Membaca intensif teks wacana untuk menangkap isinya

Teks wacana deskripsi tentang kesehatan

Menulis menggunakan aksara Swara

Aksara swara

III

Mengungkapkan isi cerita rakyat yang disimak

Teks cerita rakyat Jaka Tarub

Menyebutkan kembali nilai – nilai budi pekerti

Teks cerita rakyat Jaka Tarub

Membaca nyaring teks cerita rakyat dengan intonasi yang tepat

Teks cerita Cindelaras

Menulis surat kepada orang tua/keluarga menggunakan bahasa krama

Layang kiriman

IV

Menemukan ciri-ciri tembang kinanthi yang diperdengarkan

Tembang Kinanthi

Bermain peran sesuai naskah yang telah ada

Naskah drama Jawa dengan judul Edan

Membaca teks wacana berhuruf Jawa dengan artikulasi yang tepat

Teks wacana berhuruf Jawa

Membuat tembang macapat sesuai dengan aturan



Membuat tembang kinanthi

V

Menangkap nilai, pesan, atau amanat yang terkandung dalam cerita yang di dengar

Teks wacana tentang Bahasa Jawa yang Kian Lama Semakin Meredup

Menyusun dan melakukan wawancara dengan nara sumber menggunakan unggah – ungguh basa Jawa

Naskah wawancara mengenai keterpurukan Bahasa Jawa

Membaca intensif teks wacana eksposisi untuk menangkap isi wacana

Teks wacana tentang Bahasa Jawa Yang Semakin Terpuruk

Menulis menggunakan aksara rekan

Aksara rekan

VI

Memberi tanggapan isi geguritan

Teks geguritan

Mengkomunikasikan isi geguritan kepada orang lain

Teks geguritan tentang pendidikan

Membaca teks geguritan dengan intonasi, vocal dan ekspresi yang tepat

Teks geguritan tentang pendidikan

Menulis menggunakan tanda baca huruf jawa (pada adeg-adeg, pada lingsa, pada lungsi, pada pangkat)

Pada adeg – adeg, pada lingsa, pada lungsi, pada pangkat












PROGRAM TAHUNAN

Sekolah : SMP Tangguh Berwibawa

Mata Pelajaran : Bahasa Daerah ( Jawa )

Kelas : IX

SEMESTER

SK/KD

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

I/1

Mendengarkan :

Menemukan gagasan pokok wacana yang diperdengarkan

Berbicara :

Menceritakan isi wacana dengan bahasa yang komunikatif

Membaca :

Membaca geguritan dengan ekspresif

Menulis :

Menulis menggunakan aksara Murda

6 JP

RINCIAN PEKAN :

A. Jumlah Pekan Dalam Satu Semester

Juli = 4 minggu

Agustus = 5 minggu

September = 5 minggu

Oktober = 4 minggu

Nopember = 5 minggu

Desember = 5 minggu +

Jumlah 26 minggu

I/2

Mendengarkan :

Menemukan hal penting dalam pidato yang didengarkannya


Berbicara :

Berpidato di depan kelas dengan artikulasi dan ekspresi yang baik

Membaca :

Membaca intensif teks wacana untuk menangkap isinya

Menulis :

Menulis menggunakan aksara Swara

6 JP

B. Jumlah Pekan Tidak Efektif

  1. MOS = 1 minggu

  2. LPP/LSHR = 2 minggu

  3. Ulangan = 2 minggu

  4. Remidi = 1 minggu

  5. Cadangan = 2 minggu+

Jumlah 8 minggu

I/3

Mendengarkan :

Mengungkapkan isi cerita rakyat yang disimak

Berbicara :

Menyebutkan kembali nilai – nilai budi pekerti

Membaca :

Membaca nyaring teks cerita rakyat dengan intonasi yang tepat

Menulis :

Menulis surat kepada orang tua/keluarga menggunakan bahasa karma

4 JP

C. Jumlah Pekan Efektif= 18 minggu

D. Jumlah Jam Efektif = 36 Jam Pelajaran

I/4

Mendengarkan :

Mendengarkan dan memahami isi wacana

Berbicara :

Menceritakan kembali isi wacana bahasa Jawa yang komunikatif

Membaca :

Membaca teks wacana berhuruf Jawa dengan artikulasi yang tepat

Menulis :

Membuat tembang macapat sesuai dengan aturan


4 JP


I/5

Mendengarkan :

Menangkap nilai, pesan, atau amanat yang terkandung dalam cerita yang di dengar

Berbicara :

Menyusun dan melakukan wawancara dengan nara sumber menggunakan unggah – ungguh basa Jawa

Membaca :

Membaca intensif teks wacana eksposisi untuk menangkap isi wacana

Menulis :

Menulis menggunakan aksara rekan

4 JP


I/6

Mendengarkan :

Memberi tanggapan isi geguritan

Berbicara :

Mengkomunikasikan isi geguritan kepada orang lain

Membaca :

Membaca teks geguritan dengan intonasi, vocal dan ekspresi yang tepat

Menulis :

Menulis menggunakan tanda baca huruf jawa (pada adeg-adeg, pada lingsa, pada lungsi, pada pangkat)

4 JP













PROGRAM SEMESTER

Sekolah : SMP Tangguh Berwibawa

Mata Pelajaran : Bahasa Daerah ( Jawa )

Kelas : IX

NO

SK/KD

ALOKASI WAKTU

BULAN

JULI

AGUSTUS

SEPT.

OKT.

NOP.

DES.

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1.

Mendengarkan :

Menemukan gagasan pokok wacana yang diperdengarkan


8 JP

2






2








2







2









2.

Berbicara :

Menceritakan isi wacana dengan bahasa yang komunikatif

8 JP


2




2





2





2















3.

Membaca :

Membaca geguritan dengan ekspresif



10 JP



2





2




2





2




2










4.

Menulis :

Menulis menggunakan aksara Murda


10 JP




2





2





2





2




2


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar