Nama :Tangguh Hestu Wibawa
NIM :082114001
Jurusan : Pendidikan Bahasa Daerah
PEMETAAN MATERI BAHASA JAWA
BERDASARKAN STANDAR ISI KTSP SMP/M.Ts. JAWA TIMUR
MUATAN LOKAL WAJIB BAHASA DAERAH (JAWA)
KELAS IX
UNIT | MENDENGARKAN | BERBICARA | MEMBACA | MENULIS | ||||
Kompetensi Dasar | Materi | Kompetensi Dasar | Materi | Kompetensi Dasar | Materi | Kompetensi Dasar | Materi | |
I | Menemukan gagasan pokok wacana yang diperdengarkan | Wacana tentang Lingkungan Hidup | Menceritakan kembali isi wacana dengan kalimat sendiri | Wacana tentang Lingkungan Hidup | Membaca geguritan dengan ekspresif | Antologi geguritan | Menulis menggunakan aksara Murda | Aksara Murda |
II | Menemukan hal penting dalam pidato yang didengarkannya | Teks wacana pidato | Berpidato di depan kelas dengan artikulasi dan ekspresi yang baik | Teks pidato tentang kesehatan | Membaca intensif teks wacana untuk menangkap isinya | Teks wacana deskripsi tentang kesehatan | Menulis menggunakan aksara Swara | Aksara swara |
III | Mengungkapkan isi cerita rakyat yang disimak | Teks cerita rakyat Jaka Tarub | Menyebutkan kembali nilai – nilai budi pekerti | Teks cerita rakyat Jaka Tarub | Membaca nyaring teks cerita rakyat dengan intonasi yang tepat | Teks cerita Cindelaras | Menulis surat kepada orang tua/keluarga menggunakan bahasa krama | Layang kiriman |
IV | Menemukan ciri-ciri tembang kinanthi yang diperdengarkan | Tembang Kinanthi | Bermain peran sesuai naskah yang telah ada | Naskah drama Jawa dengan judul Edan | Membaca teks wacana berhuruf Jawa dengan artikulasi yang tepat | Teks wacana berhuruf Jawa | Membuat tembang macapat sesuai dengan aturan
| Membuat tembang kinanthi |
V | Menangkap nilai, pesan, atau amanat yang terkandung dalam cerita yang di dengar | Teks wacana tentang Bahasa Jawa yang Kian Lama Semakin Meredup | Menyusun dan melakukan wawancara dengan nara sumber menggunakan unggah – ungguh basa Jawa | Naskah wawancara mengenai keterpurukan Bahasa Jawa | Membaca intensif teks wacana eksposisi untuk menangkap isi wacana | Teks wacana tentang Bahasa Jawa Yang Semakin Terpuruk | Menulis menggunakan aksara rekan | Aksara rekan |
VI | Memberi tanggapan isi geguritan | Teks geguritan | Mengkomunikasikan isi geguritan kepada orang lain | Teks geguritan tentang pendidikan | Membaca teks geguritan dengan intonasi, vocal dan ekspresi yang tepat | Teks geguritan tentang pendidikan | Menulis menggunakan tanda baca huruf jawa (pada adeg-adeg, pada lingsa, pada lungsi, pada pangkat) | Pada adeg – adeg, pada lingsa, pada lungsi, pada pangkat |
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SMP Tangguh Berwibawa
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah ( Jawa )
Kelas : IX
SEMESTER | SK/KD | ALOKASI WAKTU | KETERANGAN |
I/1 | Mendengarkan : Menemukan gagasan pokok wacana yang diperdengarkan Berbicara : Menceritakan isi wacana dengan bahasa yang komunikatif Membaca : Membaca geguritan dengan ekspresif Menulis : Menulis menggunakan aksara Murda | 6 JP | RINCIAN PEKAN : A. Jumlah Pekan Dalam Satu Semester Juli = 4 minggu Agustus = 5 minggu September = 5 minggu Oktober = 4 minggu Nopember = 5 minggu Desember = 5 minggu + Jumlah 26 minggu |
I/2 | Mendengarkan : Menemukan hal penting dalam pidato yang didengarkannya
Berbicara : Berpidato di depan kelas dengan artikulasi dan ekspresi yang baik Membaca : Membaca intensif teks wacana untuk menangkap isinya Menulis : Menulis menggunakan aksara Swara | 6 JP | B. Jumlah Pekan Tidak Efektif
Jumlah 8 minggu |
I/3 | Mendengarkan : Mengungkapkan isi cerita rakyat yang disimak Berbicara : Menyebutkan kembali nilai – nilai budi pekerti Membaca : Membaca nyaring teks cerita rakyat dengan intonasi yang tepat Menulis : Menulis surat kepada orang tua/keluarga menggunakan bahasa karma | 4 JP | C. Jumlah Pekan Efektif= 18 minggu D. Jumlah Jam Efektif = 36 Jam Pelajaran |
I/4 | Mendengarkan : Mendengarkan dan memahami isi wacana Berbicara : Menceritakan kembali isi wacana bahasa Jawa yang komunikatif Membaca : Membaca teks wacana berhuruf Jawa dengan artikulasi yang tepat Menulis : Membuat tembang macapat sesuai dengan aturan
| 4 JP |
|
I/5 | Mendengarkan : Menangkap nilai, pesan, atau amanat yang terkandung dalam cerita yang di dengar Berbicara : Menyusun dan melakukan wawancara dengan nara sumber menggunakan unggah – ungguh basa Jawa Membaca : Membaca intensif teks wacana eksposisi untuk menangkap isi wacana Menulis : Menulis menggunakan aksara rekan | 4 JP |
|
I/6 | Mendengarkan : Memberi tanggapan isi geguritan Berbicara : Mengkomunikasikan isi geguritan kepada orang lain Membaca : Membaca teks geguritan dengan intonasi, vocal dan ekspresi yang tepat Menulis : Menulis menggunakan tanda baca huruf jawa (pada adeg-adeg, pada lingsa, pada lungsi, pada pangkat) | 4 JP
|
|
PROGRAM SEMESTER
Sekolah : SMP Tangguh Berwibawa
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah ( Jawa )
Kelas : IX
NO | SK/KD | ALOKASI WAKTU | BULAN | |||||||||||||||||||||||||||||
JULI | AGUSTUS | SEPT. | OKT. | NOP. | DES. | |||||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1. | Mendengarkan : Menemukan gagasan pokok wacana yang diperdengarkan
| 8 JP | 2 |
|
|
|
|
| 2 |
|
|
|
|
|
|
| 2 |
|
|
|
|
|
| 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2. | Berbicara : Menceritakan isi wacana dengan bahasa yang komunikatif | 8 JP |
| 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. | Membaca : Membaca geguritan dengan ekspresif
| 10 JP |
|
| 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. | Menulis : Menulis menggunakan aksara Murda
| 10 JP |
|
|
| 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
|
| 2 |
|
|
| 2 |
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar