RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Tangguh Berwibawa
Kelas/Semester : VIII/2
Mata pelajaran : Bahasa Daerah
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi
Mendengarkan: Mengapresiasi puisi yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar
Menemukan Inti Puisi
Menemukan Unsur Intrinsik Puisi
Indikator
Kognitif
Mampu menemukan inti Puisi dengan tepat
Mampu menyebutkan tema puisi dengan tepat
Psikomotor
Mampu menemukan puisi yang bertema sama dengan puisi yang diperdengarkan
Mampu membuat puisi yang bertema sama dengan puisi yang diperdengarkan
Afektif
Perilaku berkarakter
Mampu mendengarkan orang lain sesuai dengan tata krama
Mampu menghargai orang lain
Mampu berbahasa yang indah
Mampu menggali maksud dibalik kata dalam puisi
Mampu berusaha dan melakukan yang terbaik
Ketrampilan Sosial
Mampu memaknai sesuatu yang tersirat dibalik yang tersurat, siswa dapat mendidik diri melalui sastra, mampu mencontoh hal-hal yang baik dari dalam puisi dan mengimplementasikannnya dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Setelah mendengarkan puisi yang dibacakan guru,siswa dapat menemukan inti puisi dengan tepat.
Setelah mendengarkan puisi yang dibacakan guru didepan kelas, siswa dapat meneybutkan tema puisi dengan benar.
Psikomotor
Siswa diberikan beberapa majalahb berbahasa Jawa yang di dalamnnya terdapat puisi yang setema dengan puisi yang dibacakan di depan kelas, siswa dapat menemukan puisi yang setema dengan yang diperdengarkan dari majalah.
Setelah diperdengarkan puisi dan menemukan contoh puisi dari majalah, siswa dapat membuat puisi setema dengan kedua puisi contoh.
Afektif
Perilaku Berkarakter
Melalui proses pembelajaran yang intensif serta ditambah peran guru dalam mendidik murid dan keaktifan siswa sebagai pusat pembelajaran kemajuan perilaku berkarakter meliputi: Mampu mendengarkan orang lain sesuai dengan tata krama, mampu menghargai orang lain , mampu berbahasa yang indah, mampu menggali maksud dibalik kata dalam puisi, mampu berusaha dan melakukan yang terbaik.
Ketrampilan Sosial
Dalam pembelajaran mendengarkan yang berpusat pada aktivitas siswa dapat memaknai sesuatu yang tersirat dibalik yang tersurat, siswa dapat mendidik diri melalui sastra, mampu mencontoh hal-hal yang baik dari dalam puisi dan mengimplementasikannnya dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran
Ngrungokake geguritan
Nggoleki tema saka puisi kasebut
Nemokake puisi kanthi tema kang padha ana ing kalawarti basa Jawa
Nggawe puisi kang temane padha karo puisi kasebut
`
Model dan Metode Pembelajaran
Model: Model Pembelajaran Langsung
Model Pembelajaran Kooperatif
Metode: demonstrasi, tanya jawab, diskusi, inkuiri
Langkah-langkah Kegiatan
-
Pendahuluan (15 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam
2.
Mengecek kehadiran dan menanyakan kabar siswa
3.
Apersepsi
4.
Motivasi
Inti (50 menit)
No.
Kegiatan
Penilain
1
2
3
4
1.
Siswa membentuk kelompok dengan anggota 4-5 orang
2.
Siswa diperdengarkan teks guritan “Blacu” yang dibaca oleh guru
3.
Siswa berdiskusi dengan menumbuhkan rasa saling bekerja sama untuk menemukan inti dari guritan tersebut. Dan setiap kelompok membacakan hasil diskusinya.
4.
Setiap kelompok kemudian berdiskusi dengan rasa toleransi yang tinggi untuk kembali menemukan tema dari puisi tersebut.
5.
Setiap kelompok diberi tiga majalah berbahasa Jawa kemudian disuruh mencari puisi yang bertema sama dengan puisi yang dibacakan
6.
Siswa melakukan evaluasi
Penutup (15 menit)
1.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
2.
Penugasan dengan mengerjakan tugas sesuai dengan materi yang diajarkan
3.
Salam
Sumber Pembelajaran dan Alat/Media
Sumber Pelajaran
Buku Teks Siswa
LKS
Alat dan Bahan
Teks Guritan
Majalah Berbahasa Jawa
Penilaian
Penilaian berbasis kelas tentang materi yang tercakup dalam RPP ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penilain berikut ini:
Tes Tertulis
Siswa dikenai kuis individual
Tes Kinerja: Penilaian kinerja, Siswa bisa dinilai melalui aktivitas psikomotor yang dilakukan.
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Format Pengamatan Ketrampilan Sosial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Tangguh Berwibawa
Kelas/Semester : VIII/2
Mata pelajaran : Bahasa Daerah
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi
Berbicara: Diskusi dengan mengembangkan argumentasi
Kompetensi Dasar
Berdiskusi dengan memperhatikan etika diskusi
Mengemukakan argumentasi
Indikator
Kognitif
Mampu mendefinisikan diskusi
Mampu membuat argumentasi tertulis dengan tema tertentu
Mampu memahami dan menuliskan hasil diskusi
Psikomotor
Mampu berdiskusi dengan baik dan sopan.
Mampu menentukan keputusan terbaik dari diskusi.
Mampu mempresentasikan hasil diskusi pada teman sekelas.
Afektif
Perilaku Berkarakter
Mampu mendengarkan orang lain
Menghormati orang lain
Berbahasa yang baik dan sopan
Memahami pendapat orang lain
Berani menghadapi orang lain
Ketrampilan Sosial
Mampu melakukan komunikasi meliputi diskusi, demonstrasi, bertanya, berpendapat dan mengungkapkan pesan sesuai dengan topik yang aktual dan sedang menjadi perbincangan di masyarakat.
Tujuan pembelajaran
Kognitif
Siswa dapat menyebutkan pengertian diskusi dengan benar dan tepat setelah membaca buku.
Setelah mendapat pengarahan dari guru siswa dapat mengembangkan argumentasi tertulis dan membacakannya dengan suatu tema tertentu dengan baik.
Setelah melakukan diskusi siswa dapat memahami dan mengutarakan kembali hasil wawancara dengan baik dan tepat.
Psikomotor
Siswa dapat melakukan diskusi dengan baik dan benar setelah mendapat materi dari guru dan membaca buku.
Siswa dapat memperoleh keputusan bersama yang dianggap terbaik setelah melakukan diskusi.
Setelah diskusi siswa dapat mempresentasikan hasilnya pada teman sekelas dengan baik.
Afektif
Perilaku Berkarakter
Melalui proses pembelajaran yang intensif serta ditambah peran guru dalam mendidik murid dan keaktifan siswa sebagai pusat pembelajaran kemajuan perilaku berkarakter meliputi: mampu mendengarkan orang lain, menghormati orang lain, memahami pendapat orang lain.
Ketrampilan Sosial
Setelah mengjalani pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi diskusi, demonstrasi, bertanya, berpendapat dan mengungkapkan pesan sesuai dengan topik yang aktual dan sedang menjadi perbincangan di masyarakat.
Materi Pembelajaran
Mangerteni tema kang arepn didiskusekake
Nggawe argumentasi kang apik
Nglakoni diskusi kanthi apik
Nemtokake asil saka bab kang didiskusekake
Model dan Metode Pembelajaran
Model: Model Pembelajaran Langsung
Model Pembelajaran Kooperatif
Metode: tanya jawab, diskusi
Langkah-langkah Kegiatan
-
Pendahuluan (15 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam
2.
Mengecek kehadiran dan menanyakan kabar siswa
3.
Apersepsi
4.
Motivasi
Inti (50 menit)
No.
Kegiatan
Penilain
1
2
3
4
1.
Guru memberikan materi tentang diskusi
2.
Siswa dan guru melakukan tanya jawab dengn bahasa yang santun tentang diskusi
3.
Kelas dibagi menjadi kelompok-kelompok untuk menumbuhkan rasa saling tolong-menolong dengan anggota 4-5 orang
4.
Guru memberikan sebuah tema yang sedang marak menjadi perbincangan untuk ditanggapi dengan bahasa yng santun oleh siswa-siswa di kelas
5.
Tanggapan-tanggapan dari siswa tersebut dikumpulkan dan ditanggapi kembali oleh siswa yang lain. Boleh menyanggah asalkan dengan bahasa yang baik dan sopan.
6.
Siswa melakukan evaluasi
Penutup (15 menit)
1.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
2.
Penugasan dengan mengerjakan tugas sesuai dengan materi yang diajarkan
3.
Salam
Sumber Pembelajaran dan Alat/Media
Sumber Pelajaran
Buku Teks Siswa
LKS
Alat dan Bahan
Teks tentang topik yang sedang hangat dibicarakan
Penilaian
Penilaian berbasis kelas tentang materi yang tercakup dalam RPP ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penilain berikut ini:
Tes Tertulis
Siswa dikenai kuis individual.
Tes Kinerja: Penilaian kinerja dapat dilakukan dengan pengamatan aktivitas psikomotorik siswa
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Pengamatan Ketrampilan Sosial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Tangguh Berwibawa
Kelas/Semester :VIII/2
Mata pelajaran : Bahasa Daerah
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi
Membaca: membaca ekspresif
Kompetensi Dasar
Membaca prosa dengan penghayatan
Indikator
Kognitif
Mampu memahami pengertian prosa.
Mampu menyebutkan unsur intrinsik dari prosa.
Mampu menyebutkan amanat dari prosa yang dibaca.
Psikomotor
Mampu membaca prosa dengan penghayatan yang baik
Mengutarakan inti prosa setelah membacanya
Afektif
Perilaku Berkarakter
Mampu menggunakan bahasa yang santun
Mampu menghargai orang lain
Mencoba melakukan yang terbaik
Mampu berekpresi sesuai dengan prosa
Ketrampilan Sosial
Mampu melakukan berbagai wujud komunikasi yang baik meliputi berbicara di depan kelas, mengungkapkan pendapat, dan menghubungkan situasi dalam prosa dengan kehidupan di masa sekarang.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Siswa dapat menjelaskan pengertian prosa dengan benar dan tepat setelah mencari dari buku.
Setelah membaca prosa, siswa dapat menetukan unsur intrinsik dari prosa tersebut dengan baik.
Setelah membaca prosa, siswa dapat menyebutkan amanat prosa dengan tepat.
Psikomotor
Siswa dapat membaca prosa dengan baik, setelah mendapat pengarahan dari guru.
Setelah membaca prosa, siswa dapat mengutarakan inti dari prosa dengan tepat
Afektif
Perilaku Berkarakter
Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, dinilai membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter yang meliputi: mampu menggunakan bahasa yang santun, mampu menghargai orang lain, mencoba melakukan yang terbaik, mampu berekpresi sesuai dengan prosa.
Ketrampilan Sosial
Dalam pembelajaran berbicara yang berpusat pada aktivitas siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi: demonstrasi, diskusi dan bekerja sama.
Materi Pembelajaran
Maca teks prosa kanthi ekspresi
Nyebutake unsur intrinsik prosa kasebut
Nyritakake intine prosa kasebut
Nyebutake amanat sak prosa kasebut
Nggayutake amanat saka prosa karo panguripan jaman saiki
Model dan Metode Pembelajaran
Model: Model Pembelajaranb Langsung
Model Pembelajaran Kooperatif
Metode: demonstrasi, diskusi, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan
-
Pendahuluan (15 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam
2.
Mengecek kehadiran dan menanyakan kabar siswa
3.
Apersepsi
4.
Motivasi
Inti (50 menit)
No.
Kegiatan
Penilain
1
2
3
4
1.
Guru memberikan sebuah teks prosa pada murid
2.
Guru memberikan pengarahan kepada murid tentang membaca ekspresif prosa
3.
Diwakili oleh beberapa siswa maju membaca secara ekspresif teks prosa untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa.
4.
Siswa yang lain dengan bahasa yang santun menyebutkan unsur intrinsik dari prosa tersebut.
5.
Kemudian siswa yang lain mengutarakan inti dari prosa yang dibaca secara ekspresif untuk mengukur kecermatan siswa dalam menyimak pembacaan teks prosa tadi.
6.
Sisa siswa yang belum ditunjuk menyebutkan hubungan amanat dalam prosa dengan kehidupan pada masa sekarang.
7.
Siswa melakukan evaluasi
Penutup (15 menit)
1.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
2.
Penugasan dengan mengerjakan tugas sesuai dengan materi yang diajarkan
3.
Salam
Sumber Pembelajaran dan Alat/Media
Sumber Pelajaran
Buku Teks Siswa
LKS
Alat dan Bahan
Teks prosa
Penilaian
Penilaian berbasis kelas tentang materi yang tercakup dalam RPP ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penilain berikut ini:
Tes Tertulis
Siswa dikenai kuis individual
Tes Kinerja: Penilaian kinerja dapat dilakukan dengan pengamatan aktivitas mpsikomotorik siswa.
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Pengamatan Ketrampilan Sosial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Tangguh Berwibawa
Kelas/Semester : VII/2
Mata pelajaran : Bahasa Daerah
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi
Menulis: Mengungkapkan dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif
Kompetensi Dasar
Membuat parikan dengan memperhatikan ciri dan kaidah penulisan parikan
Indikator
Kognitif
Mampu mencari ciri-ciri parikan
Mampu membedakan parikan dan teks sastra lainnya
Mampu memahami isi dari sebuah parikan
Psikomotor
Mampu membuat parikan sesuai kaidah
Mampu membacakan parikan di depan kelas
Afektif
Perilaku Berkarakter
Mampu berbahasa dengan santun
Mampu tampil di depan kelas
Mampu terus mencoba dan melakukan yang terbaik
Keterampilan Sosial
Siswa mampu memiliki rasa tanggung jawab dengan tugasnya, kreatif dengan membuat parikan sesuai kaidah.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Setelah mendapat pengarahan dari guru dan membaca dari sumber belajar, siswa dapat mencari ciri-ciri parikan dengan tepat
Setelah siswa mengetahui ciri-ciri parikan, siswa dapat membedakan parikan dengan teks sastra lainnya
Setelah siswa mendengarkan parikan, siswa dapat memahami isi dari sebuah parikan
Psikomotor
Setelah mengetahui ciri-ciri parikan, siswa dapat membuat parikan sesuai dengan kaidah.
Setelah siswa membuat parikan sesuai kaidah, siswa dapat membaca parikan di depan kelas
Afektif
Perilaku Berkarakter
Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, diharapkan siswa dapat menunujukkan perilaku berkarakter yang meliputi Mampu berbahasa dengan santun, mampu tampil di depan kelas, mampu terus mencoba dan melakukan yang terbaik.
Ketrampilan Sosial
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat memiliki rasa tanggung jawab dengan tugasnya, kreatif dengan membuat parikan sesuai kaidah.
Materi Pembelajaran
Nggoleki ciri-cirining parikan
Mbedakake parikan karo teks sastrav liyane
Nggawe parikan adhedhasar paugeran
Maca parikane gaweyane dhewe ing ngarep kelas
Model dan Metode Pembelajaran
Model: Model Pembelajaran Langsung
Model Pembelajaran Kooperatif
Metode: demonstrasi, inkuiri, ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
-
Pendahuluan (15 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam
2.
Mengecek kehadiran dan menanyakan kabar siswa
3.
Apersepsi
4.
Motivasi
Inti (50 menit)
No.
Kegiatan
Penilain
1
2
3
4
1.
Guru memberikan pengarahan tentang parikan.
2.
Guru memberikan sebuah contoh parikan, baik dibaca langsung oleh guru ataupun melalui media lain seperti rekaman.
3.
Murid menemukan ciri-ciri dari parikan dengan mencermati contoh-contoh parikan.
4.
Murid membuat deskripsi pembeda antara parikan dengan karya sastra lainnya.
5.
Siswa membuat parikan sesuai kaidah parikan yang telah ditemukan sebelumnya.
6.
Beberapa siswa membacakan parikan hasil buatannya di depan kelas untuk menumbuhkan sifat percay diri dan berani tampil
7.
Siswa melakukan evaluasi
Penutup (15 menit)
1.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
2.
Penugasan dengan mengerjakan tugas sesuai dengan materi yang diajarkan
3.
Salam
Sumber Pembelajaran dan Alat/Media
Sumber Pelajaran
Buku Teks Siswa
LKS
Rekaman parikan
Teks parikan
Alat dan Bahan
Teks Parikan
Rekaman parikan
Penilaian
Penilaian berbasis kelas tentang materi yang tercakup dalam RPP ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penilain berikut ini:
Tes Tertulis
Siswa dikenai kuis individual
Tes Kinerja: Penilaian kinerja dapat dilakukan dengan pengamatan aktivitas psikomotorik siswa.
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Pengamatan Ketrampilan Sosial
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Tangguh Berwibawa
Kelas/Semester : VII/2
Mata pelajaran : Bahasa Daerah
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi
Membaca: Membaca Ekspresif
Kompetensi Dasar
Membaca tembang sesuai dengan titilaras
III. Indikator
Kognitif
Mampu menyebutkan ciri-ciri dari tembang macapat
Mampu membedakan tembang macapat satu dengan yang lainnya
Mampu menyebutkan perwatakan setiap tembang macapat
Mampu mendiskusikan dan menyebutkan isi dari tembang macapat
Psikomotor
Mampu membaca tembang macapat sesuai dengan titilaras secara bersama
Mampu membaca tembang macapat sesuai titilaras secara individu
Afektif
Perilaku Berkarakter
Mampu berbahasa dengan santun
Berani tampil di depan kelas
Mampu terus mencoba dan melakukan yang terbaik
Bertanggung Jawab
Keterampilan Sosial
Mampu melakukan demonstrasi tentang tembang, menemukan watak dan ciri-ciri tembang dengan penuh kecermatan, mengomentari teman dengan santun.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Setelah mendengar dan melihat contoh tembang macapat, siswa dapat menemukan ciri-ciri dari tembang macapat dengan tepat.
Setelah mengetahui ciri-ciri tembang macapat, siswa dapat membedakan tembang macapat satu dengan yang lainnya dengan benar
Setelah membaca buku, siswa dapat menemukan perwatakan dari tiap tembang dengan baik dan benar
Setelah mencermati contoh tembang macapat, siswa dapat menemukan isi dari tembang macapat dengan benar.
Psikomotor
Siswa dapat membaca tembang macapat sesuai titilaras dengan baik secara bersama, setelah mengikuti pembelajaran.
Siswa dapat membaca tembang macapat sesuai titilaras dengan baik secara individu, setelah mengikuti pembelajaran.
Afektif
Perilaku Berkarakter
Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, diharapkan siswa dapat menunujukkan perilaku berkarakter yang meliputi Mampu berbahasa dengan santun, berani tampil di depan kelas, mampu terus mencoba dan melakukan yang terbaik, bertanggung jawab.
Ketrampilan Sosial
Setelah mengikuti pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan demonstrasi tentang tembang, menemukan watak dan ciri-ciri tembang dengan penuh kecermatan, mengomentari teman dengan santun.
Materi Pembelajaran
Nemokake ciri-ciri tembang macapat
Mbedakake tembang macapat siji lan sijine
Nemokake watake saben tembang macapat
Nembang macapat kanthi titilaras kang apik
Model dan Metode Pembelajaran
Model: Model Pembelajaran Langsung
Model Pembelajaran Kooperatif
Metode: demonstrasi, inkuiri, ceramah, diskusi
Langkah-langkah Kegiatan
-
Pendahuluan (15 menit)
No.
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.
Mengucapkan salam
2.
Mengecek kehadiran dan menanyakan kabar siswa
3.
Apersepsi
4.
Motivasi
Inti (50 menit)
No.
Kegiatan
Penilain
1
2
3
4
1.
Guru memberikan pengarahan tentang tembang macapat.
2.
Guru memberikan sebuah contoh parikan, baik dibaca langsung oleh guru ataupun melalui media lain seperti rekaman.
3.
Murid menemukan ciri-ciri dari tembang macapat dengan mencermati contoh-contoh tembang macapat
4.
Murid mencari perwatakan dari setiap tembang macapat.
5.
Guru memberikan contoh nembang macapat sesuai titilaras.
6.
Siswa secara bersama-sama membaca tembang macapat sesuai titilaras
7.
Beberapa murid membaca tembang macapat sesuai dengan titilaras di depan kelas.
8.
Murid yang lain mengomentari dan mengutarakan maksud dari tembang macapat yang telah dibaca di depan kelas dengan bahasa yang santun.
9.
Siswa melakukan evaluasi
Penutup (15 menit)
1.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
2.
Penugasan dengan mengerjakan tugas sesuai dengan materi yang diajarkan
3.
Salam
Sumber Pembelajaran dan Alat/Media
Sumber Pelajaran
Buku Teks Siswa
Rekaman tembang macapat
Buku tembang macapat
Alat dan Bahan
Teks Macapat
Rekaman tembang macapat
Penilaian
Penilaian berbasis kelas tentang materi yang tercakup dalam RPP ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penilain berikut ini:
Tes Tertulis
Siswa dikenai kuis individual
Tes Kinerja: Penilaian kinerja dapat dilakukan dengan pengamatan aktivitas psikomotorik siswa.
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Pengamatan Ketrampilan Sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar